Jumat, 07 Oktober 2011

Siswa Jenuh Menghadapi Persiapan Ujian Nasional

UJIAN NASIONAL
Siswa Semakin Jenuh
Penulis: Indra | Editor: Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMA di Jakarta mengaku tidak merasakan kendala yang berarti dalam persiapan siswa dan sekolah menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun ini. Tidak adanya kendala dalam menghadapi UN dikarenakan sekolah-sekolah telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi UN sejak jauh hari.

Tapi karena terlalu lama, akhirnya siswa menjadi jenuh.
-- Susanto

Kami merasa tidak ada kendala berarti menghadapi UN, kata Susanto, guru BK SMAN 52 Jakarta Utara, di sela Workshop Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling bertema Peran Strategis Guru BK Mempersiapkan Peserta Didik Menuju Perguruan Tinggi di Kampus STIE Perbanas, Selasa (29/3/2011).

Menurut Susanto, yang sering dikeluhkan siswa adalah jarak yang cukup lama antara ujian sekolah (US) dengan UN. Sebenarnya, kata dia, jarak satu bulan itu bisa dimanfaatkan untuk persiapan menghadapi UN.

Tapi karena terlalu lama, akhirnya siswa menjadi jenuh, ujar Susanto.

Kejenuhan pada siswa terjadi karena banyaknya kegiatan dalam rangka pendalaman materi mata pelajaran pada UN. Belum lagi tekanan itu terasa semakin besar, terutama menjelang waktu pelaksanaan UN yang semakin dekat. Di sinilah peran guru BK mengatasi kejenuhan pada siswa sangat diperlukan.

Tugas guru BK di lapangan adalah melakukan langkah preventif agar anak-anak tidak stres, timpal Nani Darmawan, Ketua Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK).............................

Sumber: Kompas.Com
Berita Lengkap: http://edukasi.kompas.com/read/2011/03/29/20284687/Siswa.Semakin.Jenuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar